Secangkir Coffee or Tea


Merupakan jenis minuman yang sama-sama memiliki penggemar yang luas di mana aja around de world dah.
Kopi dan Teh umumnya dihidangkan dalam keadaan panas, tetapi seiring perkembangan jaman saat ini kedua jenis minuman diatas juga dapat dinikmati dalam keadaan dingin tentunya setelah ditambahkan es dan pengolahan yang berbeda.

Dikutip dari situs DepKes , seperti kita ketahui bahwa kopi mengandung kafein. Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Sebab itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh kita terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau pun mengantuk. Dampak positif ini menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi. Tetapi sebagai perbandingan, ternyata minum kopi juga memiliki dampak negatif seperti dapat mengurangi kesuburan, kemudian pada dosis sedang kafein menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Lengkapnya click here . Sedangkan Teh juga banyak memiliki manfaat, seperti dikutip dari Indomedia bahwa dari hasil penelitian ilmiah, teh memiliki kemampuan menghambat pembentukan kanker. Teh pun bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi.
Terutama teh hijau, bisa mencegah serangan influenza. Bahkan, bahan minuman dari pucuk daun Camellia sinensis ini bisa memperkuat gigi, melawan bakteri dalam mulut, mencegah terbentuknya plak gigi, serta mencegah osteoporosis. Teh juga beragam jenisnya selama ini orang mengenal empat jenis teh, yakni teh putih, hijau, oolong, dan teh hitam. Perbedaan keempatnya terletak pada metoda pemrosesan daun teh setelah dipetik. Tiap jenisnya dijuluki berbeda-beda pula sesuai tempatnya diproduksi. Namun seperti halnya kopi, teh juga memiliki dampak negatif seperti menimbulkan Insomnia, Memicu Mag dan Anemia mengapa demikian? Click here
Kesimpulannya si menurut saya pribadi tergantung pada diri kita saja, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar baik teh maupun kopi Insya Allah tidak akan memberi dampak negatif dalam tubuh. Tetapi tentu saja kalo memang kita sudah disarankan untuk sama sekali untuk tidak minum kopi ato teh oleh dokter karena alasan kesehatan, tentu saja hal tersebut harus dipatuhi.
Jadi pilih mana? Secangkir Coffe or Tea ;)

(picture source: FotoSearch)

Comments

Vie said…
Aku tak suka kopi. Tapi kalau teh jangan tanya, hobby minumnya. Apalagi itu teh hijau. Koleksi tehku banyak loh! Sorry pamer nih...

Lam kenal ya.
ayu said…
aku suka susu :D

Popular Posts