Berbagi

Reposting (22 januari 2007)

Aku ingin berbagi pengalaman yang pernah aku alami dan kebetulan baru pertama kali ngikutin seleksi penerimaan pegawai baru sebuah bank milik pemda di kotaku. Yang bikin ini beda dari biasanya, soalnya dari semua proses nglamar kerja ini yang paling lama and banyak tahapannya. walopun di tahap akhir aku gagal, tapi semoga pengalamanku bisa jadi perbandingan buat yang pertama kali mau menghadapi hal yang sama denganku

Tahap pertama, karena ini sebuah bank maka tes awal yang kudu dilakoni adalah tes pengetahuan umum tentang perbankan. Tes awal ini tidak selalu sama, ada juga yang mengawalinya dengan tes psikologi atopun tes wawancara awal.
Ya kebetulan aku bisa melewatinya, walopun sebetulnya nggak yakin banget tapi mungkin karena soal yang disajikan umum jadi paling tidak kita pernah baca, ato dengar beritanya.

Tehap kedua, pada tahap ini aku harus mengikuti tes bahasa inggris. Disini soal yg disajikan adalah soal TOEIC. TOEIC ini hanya terdiri dari 2 tahapan yaitu Listening dan Reading aja dan masing terdiri dari 100 soal, dari pengalamanku jenis soal yg begini lebih sederhana ketimbang TOEFL ataupun IELTS yang memiliki tahapan test lebih rumit.

Tahap ketiga, tes psikologi. Untuk tes psikologi aku pernah mengikuti beberapa kali dan ketiganya menyajikan soal yang berbeda-beda. Oh ya tes IQ itu termasuk tes psikologi juga kali yah :D, ada ni salah satu perusahaan yang mengambil soalnya dari internet jadi rajin-rajin aja browsing cari-cari soal buat latihan di internet, makin banyak latihan makin baik. Tes psikologi waktu itu dibagi 2 tahap juga yaitu tertulis dan wawancara. Karena banyak ragam untuk tes psikologi tulis kalo bole saran si just be your self dan latihan jadi kita ada persiapan, standar si sarannya tapi it works loh. Dan pada saat wawancara psikologis lebih kepada cross check dengan hasil tes psikologis tertulis jadi usahakanlah konsisten dengan apa yang sudah kita nyatakan secara tertulis.

Sampe ke tahap keempat yaitu Tes Kesehatan. Tahap ini seperti biasa tinggi badan, berat badan diukur tapi kudu dicatet ni waktu itu kita yang ngukur bapak-bapak polisi jadi hasilnya beda loh sama dengan alat ukur yang kita pake dirumah. Trus pemriksaan laennya adalah tekanan darah, kesehatan gigi, dan mata dan terakhir aku lupa namanya tapi ada juga ditambahin tes kesehatan jantung kita. Hari berikutnya kita kudu ngikutin tes darah, dan nggak lupa mesti nyerahin sampel urine dan yg terakhir adalah foto sinar X (rontegen). Wuih…komplit de pokoknya, tips yang bisa dibagi adalah sebelum tes darah ato urine baiknya menjauhi makanan gorengan intinya mengkonsumsi makanan sehat aja, trus buat temen-temen cewek kalo pas mau tes darah/urine kalo memang sedang kedatangan ‘tamu’ bulanan sebaiknya berterus terang kepada pihak yg melakukan tes jadi mereka tau kondisi kita yang sebenarnya.

Dan tahap terakhir adalah Tes Wawancara, kalo untuk yang satu ini berbeda-beda untuk setiap perusahaan, pada tahap ini aku gagal jadi hal yang bisa aku bagi adalah selalu jadi diri sendiri aja aku selalu memilih berkata apa adanya saja soalnya kalo tes ini nggak bisa diukur secara riil hasilnya, jadi tergantung sepenuhnya di pewawancara menilai diri kita.

Semoga bermanfaat, soalnya waktu aku mau ngadepin seleksi ini temen-temenku banyak kasi masukan sana-sini jadi nggak gitu kaget ngadepin situasi. Dan terakhir ni biasanya pada seleksi penerimaan pegawai baru dalam skala besar piihak perusahaan bekerjasama dengan pihak independen seperti LPM gitu deh…

Comments

Popular Posts